Pengertian API (Application Programming Interface)

Ketika membeli sesuatu lewat internet, menulis komentar di sosial media, atau memesan penerbangan anda telah terhubung dengan pihak lain melalui internet. Bagaimana cara kerjanya? bagaimana setiap gawai dan aplikasi dapat terhubung satu dengan lainnya untuk saling bertukar informasi dan data? Yang berperan dalam konektivitas tersebut adalah Application Programming Interface (API). API adalah sistem yang berjalan di balik layar ketika kita melakukan berbagai hal tersebut.

Definisi dari API adalah sekumpulan instruksi program dan protokol yang digunakan untuk membangun aplikasi perangkat lunak. API berperan sebagai pembawa pesan yang menerima permintaan pengguna dan memberitahu sistem apa yang harus dilakukan, lalu memberikan respons yang sesuai untuk permintaan tersebut. Sebagai analogi, dalam sebuah rumah makan anggaplah pelanggan adalah pengguna aplikasi dan dapur adalah sistem. Dapur akan menyiapkan pesanan atau permintaan pelanggan, dalam analogi ini, API adalah pelayan yang mengkomunikasikan pesanan pelanggan ke dapur atau sistem dan membawa kembali makanan dan minuman yang sesuai dengan permintaan.

Dalam contoh dunia nyata, API digunakan dalam aplikasi travel pemesanan penerbangan yang dimana aplikasi tersebut menghubungkan pengguna dengan berbagai macam maskapai. Ketika memesan penerbangan pengguna akan menentukan berbagai macam variabel seperti tujuan bandara, tanggal keberangkatan, jumlah penumpang, dan lainnya. Aplikasi travel akan menerima request tersebut dan berinteraksi dengan API dari setiap web database maskapai penerbangan yang ada dan memilih informasi berdasarkan variabel yang dimasukkan pengguna untuk kemudian memberikan respons untuk ditampilkan kembali ke pengguna.

Prinsip yang sama juga berlaku ketika terjadi interaksi antara database aplikasi dengan gawai atau komputer, masing-masing sistem tersebut memilik API yang memungkinkan untuk saling bertukar informasi. Dengan kata lain API adalah apa yang membawa informasi antara database aplikasi dan device pengguna untuk menyampaikan data dan menciptakan konektivitas antar sistem.

Geri Muhano

Web programmer di erabelajar.com. Alumni UIN Jakarta.