Belajar Programming dengan Javascript

Dalam artikel ini kita akan belajar programming dengan menggunakan Javascript. Berikut adalah program yang dibuat dengan Javascript:

var angka = [1, 2, 3, 4];  
var angkaSekarang = 1;  
while ( angkaSekarang !== 2) {  
  console.log(angkaSekarang);
  var randomNumber = Math.floor(Math.random() * 4); 
  angkaSekarang = angka[randomNumber];
}
console.log('Dapat angka 2!');  

Jika script ini dijalankan maka program akan memilih angka acak dari 1 sampai 4, program akan terus berjalan sampai angka 2 didapatkan. Karena terdapat unsur acak dalam program ini maka hasil yang ditunjukkan tidak akan selalu sama. Program ini sudah mencakup sebagian besar fungsi dasar dalam javascript. Sekarang kita mengupas satu per-satu fungsi dari script di atas.

Dalam program ini terdapat variable array yang berisi angka 1 sampai 4. :

var angka = [1, 2, 3, 4];  

Variable merupakan bagian penting dalam Javascript karena menampung nilai yang dapat diproses dalam program, sedangkan array adalah kumpulan dari nilai-nilai yang dimasukkan dalam satu variable. fungsi:

var angkaSekarang = 1;  

berfungsi untuk memasukkan nilai 1 dalam variabel angkaSekarang, dalam program ini angkaSekarang menunjukkan angka yang sedang dipilih oleh program.

fungsi while() adalah untuk mengulang semua fungsi yang berada didalamnya sampai kondisi tertentu telah dicapai. Programmer menentukan sendiri kondisi akhirnya. while dalam program ini berfungsi untuk memilih angka acak dari 1 sampai 4, dan pengulangan ini akan berhenti jika angka yang didapat adalah angka 2:

while ( angkaSekarang !== 2) {  
  console.log(angkaSekarang);
  var randomNumber = Math.floor(Math.random() * 4); 
  angkaSekarang = angka[randomNumber];
}

sekarang mari kita lihat satu persatu fungsinya:

while (angkaSekarang !== 2)  

Menunjukkan bahwa pengulangan dalam while akan terus berjalan selama nilai dalam nilaiSekarang bukan 2. !== disebut dengan logical operator yang berarti "jika, nilai1 dan nilai2 tidak sama maka...". Jenis logical operator lainnya adalah && yang berarti nilai1 dan nilai2 harus bernilai sama . || berarti cukup salah satu nilai yang bernilai benar. ! beararti ubah nilai variable menjadi kondisi sebaliknya, jika false menjadi true, jika true menjadi false.

console.log(angkaSekarang);  

berfungsi untuk menampilkan nilai dalam variable angkaSekarang ke dalam console. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat tampilan console Javascript adalah Node.js.

 var randomNumber = Math.floor(Math.random() * 4);

script diatas dibaca inisialisasi variable randomNumber, sedangkan untuk nilai variablenya gunakan angka acak yang bernilai 0-3. variable Math.random berfungsi untuk memilih angka acak dari nilai 0 sampai 1 dengan nilai desimal. jika seandainya ingin memilih nilai 0 - 10 maka cukup ubah fungsi menjad Math.random() * 10. Namun jika fungsi tersebut dijalankan maka anda akan mendapatkan nilai desimal. Untuk mendapatkan nilai bulat maka dapat dengan menggunakan fungsi Math.floor yang berfungsi untuk membulatkan nilai desimal ke nilai kecil yang terdekat. jika fungsinya digabung maka akan menjadi Math.floor(Math.random() * 10); jika menggunakan fungsi tersebut maka nilai yang didapat akan menjadi 0-9 bukan 0-10 dikarenakan Math.floor membulatkan nilai desimal ke yang terkecil.

angkaSekarang = angka[randomNumber];  

fungsi di atas dibaca: ubah nilai variable angkaSekarang dengan dengan salah satu nilai dari variable array angka. dalam variable array angka nilai 1,2 ,3, dan 4 mempunyai urutan sebagai berikut: urutan 0 untuk nilai 1, urutan 1 untuk nilai 2, urutan 2 untuk nilai 3, dan urutan 3 untuk nilai 4. fungsi angka[randomNumber] berarti pilih urutan ke-n untuk dimasukkan ke dalam variabel angka. Nilai dari randomNumber didapat dari fungsi Math.random pada baris sebelumnya.

Begitu nilai dalam variable angkaSekarang menjadi 2, maka pengulangan dalam fungsi while() akan berhenti dan baris script berikutnya akan dijalankan, yaitu:

console.log('Dapat angka 2!');  

fungsi diatas memerintahkan console untuk menampilkan kalimat "Dapat angka 2!" pada akhir program.

Berikut adalah tampilan akhir dari program yang sudah dijalankan:

Untuk mempelajari fungsi-fungsi lainnya dalam Javascript anda dapat melihatnya di https://www.codecademy.com/learn/learn-javascript.

Geri Muhano

Web programmer di erabelajar.com. Alumni UIN Jakarta.