Fungsi-Fungsi Dasar pada Express.js

Express.js adalah framework untuk node.js. Agar dapat menggunakan express.js yang harus dilakukan adalah menginstallnya pada direktori file yang akan dijalankan. Pada cmd ketik npm install express :
alt npm merupakan singkatan dari node package manager, untuk dapat menjalankan syntax ini di command prompt, node.js harus sudah terinstall terlebih dahulu.
Setelah express.js diinstall, penulis akan membuat server dan memanggil response dari server tersebut. Buat file dengan ekstensi *.js. Code pertama yang dimasukkan adalah memanggil modul express.js:

var express = require('express');  
var app = express();  

Selanjutnya buat fungsi untuk menerima request dari URL /guru:

app.get('/guru', function(request, response){  
---<isi dari response>---
});

Buat fungsi response untuk menampilkan variable array nama guru:

var guru = ['Budi', 'Shinta', 'Hendra'];  
response.send(guru);  

Fungsi .send() merupakan fungsi express.js, jika diterjemahkan ke node.js sama dengan fungsi .writeHead(), .write(), dan .end(). Fungsi .send() juga mengubah object dan array menjadi format JSON.
Bind aplikasi pada port 8080, serta buat string notifikasi bahwa server telah berjalan:

app.listen(8080, function(){  
    console.log('Server telah berjalan');
    });

Sekarang jalankan server dengan cara masuk ke direktori file express.js lalu dengan command prompt ketiknode nama_file:
alt Setelah server berjalan maka kita bisa mengirim request untuk melihat response dari server tersebut dengan cara mengetik localhost:8080 pada web browser, atau dengan menggunakan curl. Masuk ke direktori dimana anda menginstall curl, lalu melalui cmd ketik curl http://localhost:8080/guru:
alt Selanjutnya dengan fungsi .redirect() buat siapa saja yang merequest url /anggota akan dialihkan dengan response dari /guru. gunakan syntax:

app.get('/anggota', function(request, response){  
    response.redirect('/guru');
});

Perlu diingat setiap kali anda mengubah file server maka server harus di-restart lagi agar efek perubahannya teraplikasi. Untuk merestart server, pada command prompt dimana server sedang berjalan tekan CTRL+C untuk mematikan server lalu jalankan kembali server.

Untuk source code dalam artikel ini bisa dilihat di https://github.com/era-belajar/Tutorial_ExpressJs.

Geri Muhano

Web programmer di erabelajar.com. Alumni UIN Jakarta.