Mengenal MongoDB Database NoSQL

MongoDB adalah salah satu produk database noSQL Open Source yang menggunakan struktur data JSON untuk menyimpan datanya. MongoDB adalah merupakan database noSQL yang paling populer di internet. MongoDB sering dipakai untuk aplikasi berbasis Cloud, Grid Computing, atau Big Data.
alt

Database NoSQL dibagi menurut format penyimpanan dokumentnya.
Berikut adalah pengelompokan Database NoSQL berdasarkan model penyimpanan data

Document Database contohnya MongoDB, setiap satu object data disimpan dalam satu dokumen. Dokument sendiri bisa terdiri dari key-value, dan value sendiri bisa berupa array atau key-value bertingkat.

Graph Format penyimpanan data dalam struktur graph. Format grap digunakan untuk data yang saling berhubungan seperti jejaring social. Contoh database noSQL dengan format ini adalah Neo4J dan FlockDB. FlockDB dipakai oleh twitter.

Key – Value contoh database jenis ini adalah Apache Cassandra.

Object Database. Format database yang disimpan dalam object object, Object disini sama dengan pengertian object di Pemrograman beroreintasi object , Contoh databasenya adalah Db4o.

Tipe lainnya adalah tabular, tuple store dan berbagai jenis lain yang tidak terlalu populer.

Kelebihan NoSQL di banding Relasional Database

NoSQL digunakan menampung data yang terstruktur, semi terstruktur dan tidak terstuktur secara efesien dalam skala besar (big data/cloud).
Menggunakan OOP dalam pengaksesan atau manipulasi datanya.
NoSQL tidak mengenal schema tabel yang kaku dengan format data yang kaku. NoSQL sangat cocok untuk data yang tidak terstruktur, istilah singkat untuk fitur ini adalah Dynamic Schema.

Autosharding, istilah sederhananya, jika database noSQL di running cluster server (multiple server) maka data akan tersebar secara otomatis dan merata keseluruh server.

Kekurangan dari Database NoSQL

Hosting pada Nosql Masih cukup mahal , seperti beberapa layanan di luar negeri mencharge biaya 100-200 USD untuk hosting database noSQL. Selain itu, saya belum pernah menemukan hosting Cpanel yang mendukung database MongoDB atau database noSQL lainnya.

Selain itu, karena bervariasinya produk dan format penyimpanan, berpindah antar satu produk database ke produk noSQL lainnya perlu waktu untuk belajar. Contohnya ketika anda pindah dari MongoDB ke Cassandra, maka anda harus belajar lagi dari awal, berbeda dengan database RDMS.

Berikut adalah terminologi dan konsep di MongoDB dan perbandingan dengan konsep yang ada di SQL database.

 SQL                      Monggo DB

 database                 Database

 table                    Collection

 row                      Document atau BSON document

 kolom                    Field

 index                    Index

 table join               embeded document dan link

Marfi Saputra

Web Programmer di erabelajar.com (PT Ridaka Indonesia Cerdas) . Mengambil Kosentrasi Informatika Komputer di LP3I JAKARTA Kampus Depok