Teknologi Web Apa Saja yang digunakan di Situs erabelajar.com?

EraBelajar adalah media online yang memfasilitasi masyarakat untuk mencari guru dengan cepat. Pengguna dapat dengan dengan mudah menemukan guru yang sesuai dengan keinginan, baik itu untuk mengajari pelajaran sekolah seperti matematika, fisika, kimia, atau untuk pengetahuan umum seperti video editing dan bahasa jerman. Sistemnya mirip dengan melakukan pemesanan kendaraan melalui aplikasi online, namun dalam kasus ini produk yang kami tawarkan adalah pengajar.

Salah satu fitur utama erabelajar adalah kemudahan akses pengguna untuk mencari, memilih guru yang tersedia dan memilihnya secara langsung melalui website. Dalam artikel ini akan dibahas teknologi apa saja yang digunakan ketika anda mengakses situs erabelajar.com. Secara garis besar framework yang digunakan adalah MEAN (Mongo, Express, Angular, Node.js), salah satu kelebihan dari framework ini adalah keempat komponen tersebut menggunakan javacript, jadi pengembang web yang sudah familiar dengan javascript dapat lebih mudah beradaptasi dengan teknologi tersebut.

Berikut adalah "isi" dari erabelajar.com.

Frontend

Untuk tampilan web kami menggunakan AngularJS. Dengan memakai angular maka data yang dipanggil dari server dapat ditampilkan dan diubah secara dinamis pada halaman web, list guru yang tersedia atau daftar blog menggunakan merupakan contoh penggunaan Angular. Efek dari Angular akan terasa ketika anda memasukkan filter pada halaman cari guru berdasarkan mata pelajaran atau nama, Angular menampilkan hasilnya tanpa harus memuat ulang halaman. Sedangkan untuk mempercantik tampilan web digunakan Bootstrap 3

Backend

Untuk backend, Erabelajar menggunakan Rest API dengan Node.js, data yang disediakan oleh server dapat diakses oleh frontend secara fleksibel melalui framework node.js yaitu Express. Untuk fungsi pemanggilan data (GET) maka frontend melalui Angular Service berkomunikasi langsung dengan Express untuk mendapatkan data yang diinginkan, sedangkan ketika pengguna melakukan pemesanan guru atau mengisi biodata maka web melalui html form akan melakukan permintaan POST yang akan diproses oleh Express dan dimasukkan ke dalam database server untuk kemudian direview oleh tim akademik.

Database

Kami menggunakan MongoDB untuk database Erabelajar. Data yang ada dalam database dikategorikan menjadi beberapa collection atau kategori untuk memudahkan akses. Kelebihan dan kekurangan MongoDB dengan MySQL telah dijabarkan dalam artikel sebelumnya yang dapat dilihat di sini dan di sini

Developing & Deployment

Pengembangan web dalam Erabelajar menggunakan Git. Dengan menggunakan Git maka kami (developer) membuat web kloning erabelajar dengan fitur baru yang sudah dikembangkan, dalam web protoype ini fitur baru akan dicek kualitasnya langsung oleh CTO(Chief Technology Officer) Erabelajar, ketika fitur baru sudah beroperasi dengan baik maka akan dimasukkan ke dalam server. Kami menggunakan bitbucket sebagai tempat untuk berkoordinasi antar pengembang web erabelajar untuk berbagi data.

Itulah teknologi yang kami gunakan dalam web erabelajar.com, semoga bermanfaat.

Geri Muhano

Web programmer di erabelajar.com. Alumni UIN Jakarta.